Teknologi Drive by Wire / Electronic Throttle Control System Intelligent Pada Nissan Datsun

Perkembangan teknologi selalu mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, termasuk dalam industri otomotif. Persaingan yang sangat ketat membuat industri otomotif selalu berinovasi untuk melahirkan sebuah teknologi baru yang menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Nissan Datsun merupakan salah satu contoh perusahaan otomotif yang terus melakukan inovasi dan menjadi pelopor dalam kemajuan teknologi.

Ada banyak teknologi yang sudah dilahirkan oleh perusahaan industri otomotif asal pabrikan Jepang ini. Setelah sebelumnya membahas mengenai Ground Clearance (Baca Juga: Ground Clearance Pada Mobil Nissan Datsun), Torque/Torsi (Baca Juga: Torsi/Torque jadi Faktor Utama Kenapa Mobil Nissan Datsun bisa Sangat Irit Bensin) dan Teknologi CVT (Baca Juga:Teknologi Continuous Variable Transmission / CVT Pada Mobil Nissan). Kali ini Nissan Solo Net akan membahas mengenai salah satu kemajuan teknologi yang dihasilkan oleh mobil Nissan Datsun yakni Electronic Throttle Control System intelligent atau yang lebih dikenal dengan istilah Drive by Wire.

Teknologi Drive by Wire ini menjadi salah satu faktor penentu kenapa setiap kali mengenderai mobil Nissan dan Datsun, pengemudi merasakan konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Tidak mengherankan jika kemudian mobil Nissan dan Datsun menjadi mobil idaman masyarakat Indonesia, terutama warga Solo Raya yang menginginkan mobil dengan fitur lengkap namun tetap hemat bahan bakar. Produk mobil Nissan dan Datsun seperti Grand Livina, March, X-Trail dan duo Datsun Go dan Go Plus saat ini mendominasi jalanan berbagai daerah seperti Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

Spesifikasi Keunggulan Promo Harga Kredit Diskon Cashback Dealer Showroom Nissan Datsun Renault Solo Baru Jebres Boyolali Sukoharjo Karanganyar Wonogiri Sragen Klaten
Teknologi Drive by Wire yang dikembangkan oleh Nissan dan Datsun ini merupakan bagian dari teknologi otomotif-komputer, dimana semua sistem-sistem canggih dalam sebuah mobil Nissan dan Datsun dikendalikan atau dikontrol oleh komputer. Teknologi ini menjadikan ketepatan perhitungan semakin presisi. Lalu bagaimana cara kerja teknologi Drive by Wire/Electronic Throttle Control System Intelligent ini? Berikut penjelasannya:

Electronic Throttle Control System Intelligent atau Drive by Wire adalah sistem yang menggunakan komputer untuk mengontrol bukaan katup throttle, dimana kontrol tersebut menggunakan elektronik. Bedanya, pada teknologi lama untuk membuka katup throttle dikontrol langsung dengan kabel dari pedal gas ke katup throtlle untuk membuka dan menutup, sedangkan pada sistem Drive by Wire kabel pada pedal gas dihilangkan. ECU (Electronic Control Unit) mesin menggunakan motor kontrol throttle untuk mengatur sudut bawaan ke jumlah yang optimal sebagai respon pada tingkat dibebaskannya pedal gas.

Pedal gas dilengkapi dengan sensor yang disebut “sensor posisi pedal akselerator”. Sensor inilah yang selanjutnya dihubungkan ke komputer. Prinsip kerjanya mirip dengan potensiometer pada volume untuk mengatur audio. Namun, sensor yang digunakan Nissan Datsun adalah tipe non-kontak.

Sensor bekerja dengan memanfaatkan medan magnet dan Hall IC. Ketika Hall IC berputar di dalam medan magnet permanen, dihasilkan tegangan listrik yang besarnya berubah-ubah sesuai dengan posisi relatifnya terhadap magnet. Nah, perubahan tegangan inilah yang digunakan sebagai informasi oleh komputer mesin.

Selanjutnya hal itu dijadikan sebagai patokan untuk mengatur bukaan katup pada throttle dan jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan oleh injektor. Katup pada throttle digerakkan oleh stepper motor. Sensor ini juga digunakan untuk menentukan, apakah pengemudi melakukan akselerasi atau tidak. Misalnya, pengemudi mempertahankan putaran mesin atau menaikkan putaran mesin secara normal.

Ketika pengemudi hendak mendahului kendaraan lain, dipastikan pedal gas diinjak lebih cepat dan dalam. Tujuannya untuk mendapatkan tenaga lebih besar dan kecepatan bergerak naik lebih cepat atau akselerasi. Untuk akselerasi, komputer tidak hanya memerintahkan katup gas membuka lebih besar, juga memberi tahu injektor untuk menyemprotkan bahan bakar lebih banyak dari kondisi normalnya. Tepatnya, campuran diperkaya. Tujuannya untuk menambah tenaga yang hanya digunakan sesaat untuk mendahului.

Masalahnya, antara waktu pengemudi menginjak pedal gas dengan cepat dan kendaraan beraksi, terjadi sedikit keterlambatan. Maklum, pedal gas dan throttle body tidak punya hubungan langsung. Komputer yang menerima informasi dari sensor posisi pedal gas butuh waktu untuk berpikir, memproses data, dan memerintahkan throttle body beraksi.

Bagi pengemudi yang kurang sabar atau belum memahami betul karakteristik kerja drive by wire, mereka akan kembali menginjak pedal gas lebih cepat dan dalam. Bahkan ada yang melakukannya berulang-ulang, mengocok pedal gas. Tujuannya agar berakselerasi dengan cepat. Namun hal tersebut sebenarnya tidak benar karena justru membuat kinerja mesin lebih berat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari mengocok pedal gas. Bila ingin berakselerasi, cukup sekali saja menekan pedal gas. Tunggulah beberapa saat dengan sedikit kesabaran! Di sinilah letak kuncinya. Toh, bersama mobil Nissan dan Datsun, Anda bukan sedang adu kebut di trek balap, tetapi melaju di jalanan umum.

Mobil yang diproduksi Nissan dan Datsun memiliki teknologi Drive by Wire yang canggih. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli mobil Nissan dan Datsun sekarang juga. Hubungi Tim Marketing kami, Dealer Nissan Datsun Solo:

Muhammad Niam – Nissan Datsun Solo

Mobile: 0857-4182-7535

Mobile: 0812-2844-7856

Pin BB: D210EF77

Hubungi Sales Marketing di Dealer Mobil Nissan Datsun Solo, kirimkan SMS dan cantumkan Nama Anda untuk mendapatkan Info Harga terbaru Nissan Datsun Solo Baru, Promo Nissan Datsun Solo Jebres, Paket Kredit Nissan Datsun Solo Sukoharjo, Diskon Nissan Datsun Solo Boyolali, Cashback Nissan Datsun Solo Karanganyar, Simulasi Kredit Nissan Datsun Solo Wonogiri, DP Ringan Nissan Datsun Solo Klaten dan Test Drive Nissan Datsun Solo Sragen yang terdiri dari mobil Datsun Go Hatchback dan Datsun Go+ Plus.

Selain itu tersedia juga Nissan All New Grand Livina, All New Grand Livina X-Gear, New Nissan March, Nissan Evalia, New Nissan Juke, All New Nissan X-Trail, All New Nissan Serena, All New Nissan NP300 Navara, Nissan Elgrand.

Tersedia Promo DP Kredit Murah dan Cicilan Ringan. Proses cepat dan Paket kredit bisa disesuaikan dengan kemampuan anda. Hubungi Sales Marketing Dealer Nissan Datsun Wonogiri kami untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan kunjungi Showroom dan Dealer Nissan Datsun Wonogiri kami atau jika anda sibuk, kami bersedia berkunjung ke rumah anda. Dealer Nissan Datsun Wonogiri juga melayani penjualan mobil Nissan Datsun Boyolali, Nissan Datsun Sukoharjo, Nissan Datsun Karanganyar, Nissan Datsun Wonogiri, Nissan Datsun Surakarta, Nissan Datsun Sragen, Nissan Datsun Solo dan Nissan Datsun Klaten.

Dapatkan Info Promo Terbaru Nissan Datsun Solo Baru & Datsun Solo Jebres setiap bulan, mulai dari Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November hingga Desember setiap tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020 di semua Kota dan Kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Tengah.

Advertisements

2 thoughts on “Teknologi Drive by Wire / Electronic Throttle Control System Intelligent Pada Nissan Datsun

  1. Pingback: Promo Datsun Februari 2017: DP 15 Juta, Angsuran Cuma 2,1 Juta – Nissan Datsun Renault Solo

  2. Pingback: Kredit Mobil Datsun Tanpa BI Checking – Nissan Datsun Renault Solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s